BLH Provinsi Bali Gandeng PT. Indonesia Power Serahkan Bedah Rumah di Gerogak

Senin, 16 Nopember 2015


BLH Provinsi Bali Gandeng PT. Indonesia Power Serahkan Bedah Rumah di Gerogak
--Setiap Pegawai Kumpulkan Seribu per hari--

Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali menyerahkan dua unit bantuan bedah rumah kepada dua warga asal di Dusun Madan, Desa Musi, Gerogak, Buleleng yaitu I Wayan Swastika dan I Nyoman Lanus. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara resmi oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup , I Gede Suarjana , di lokasi bedah rumah tersebut, Sabtu (14/11). Dijelaskan Suarjana bantuan yang diberikan tidak saja berasal dari BLH Provinsi Bali namun juga menggandeng program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Bali dengan masing masing bantuan unit bedah rumah tersebut bernilai 25 juta rupiah. Bantuan yang diberikan BLH Provinsi Bali berasal dari penggalangan dana para pegawai di lingkungan BLH Provinsi Bali yaitu dengan menyisishkan uang mereka seribu rupiah perharinya.” Uang tersebut “Sedikit demi sedikit dapat terkumpul dan bisa untuk membantu saudara yang kurang mampu seperti bedah rumah saat ini, “ ujar Suarjana.

Untuk menguatkan perekonomian keluarga penerima bedah rumah, juga diserahkan bibit pohon kelapa untuk ditanam dan kemudian dapat dimanfaatkan l dan menghasilkan tambahan penghasilan bagi dua keluarga tersebut. Suarjana berharap dengan bantuan ini dapat meringankan beban kedua keluarga sekaligus bisa meningkatkan kesejahteraannya keluarganya. Ia juga berharap untuk kedepannya dapat meneruskan program ini, dan seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali juga dapat meneladani hal yang telah dilakukan BLH Provinsi Bali. “Dengan bersama sama megupayakan pengentasan kemiskinan, saya yakin masyarakat Bali yang maju , aman . damai dan sejatera dapat segera tewujud, ‘ ujarnya.

Sementara itu, General Manager PT. Indonesia Power Pembangkitan dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Bali IGAN Subawa Putra yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Manajer Pemeliharaan I Wayan Suda, mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan merupakan program rutin dari CSR dari Indonesia Power khususnya UPJP Bali, yang bertujuan untuk membantu pemerintah khususnya masyarakat dalam memeprcepat pengentasan kemiskinan yang ada di Bali, sehingga program Bali Mandara dapat terwujud. Senada dengan Suarjana Ia menegaskan, pihaknya akan terus melaksanakan kegiatan seperti ini, sehingga tidak terputus sampai disini sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu penerima bantuan bedah rumah yaitu I Wayan Swastika (24th) bersama istri Kadek Karsini (24th) mengaku sangat senang dan bersyukur dapat menerima bantuan tersbut. Mereka mengaku, bahwa rumah yang sebelumnya ditempati, hanya beralaskan lantai tanah, dinding bedeng dan atap jerami. Sedangkan untuk membangun rumah sendiri mereka tidak mampu, karena penghasilan perbulan rata-rata hanya mencapai 300 ribu rupiah yang diperoleh dari bertani. Oleh karenanya dengan adanya bedah rumah ini Ia dan keluaraganya bisa tinggal di rumah yang lebih layak .
Hal yang sama juga disampaikan I Nyoman Lanus (40th) dengan istri Komang Catri (40th), yang juga bermata pencaharian sebagai petani . Ia berharap dengan apa yang telah diberikan ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kehidupannya kedepan.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula seluruh pegawai dari BLH dan UPJP Bali terjun langsung secara bergotong royong untuk turut mengerjakan pembangunan kedua rumah tersebut.