Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali ikut serta dalam Pameran Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) ke-19 Tahun 2015

Senin, 22 Juni 2015

Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali ikut serta dalam Pameran Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) ke-19 Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan  dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Antheus di Assembly Hall Jakarta Convention Center, Jl. Gatot Subroto, Senayan Jakarta, pada tanggal 18 hingga 21 Juni 2015  

Penyelenggaraan Pekan Lingkungan Indonesia merupakan rangkaian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day (WED) yang merupakan perayaan lingkungan hidup terakbar di seluruh dunia. Puncak acaranya diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Sejak digelar pertama kali pada tahun 1972, WED telah menjadi media bagi PBB (melalui UNEP) untuk mengkampanyekan akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bertujuan menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggungjawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat bumi dan lingkungan hidup.

Pameran Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) ke-19 Tahun 2015 mengambil tema, "Mimpi dan Aksi Bersama untuk Keberlanjutan Kehidupan di Bumi.

Pada Pembukaan Pameran Pekan Lingkungan Indonesia 2015 diawali dengan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (Ibu Siti Nurbaya). Dalam sambutannya disampaikan bahwa kegiatan pameran ini merupakan ajang sosialisasi dan menunjukkan kinerja dan pencapaian yang diperoleh dari berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat di bidang pembangunan lingkungan hidup serta kehutanan.

"Sehingga diharapkan adanya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dan kehutanan, khususnya tentang pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Pameran Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) ke-19 Tahun 2015 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla ada Bebrapa hal disampaikan oleh Bapak Yusuf Kalla, yang salah satunya disampaikan bahwa peran Indonesia dalam menjaga perubahan iklim sangat luar biasa karena masih ada sisa kehijauan. Jika dipantau melalui udara, wilayah Indonesia masih terlihat hijau, berbeda dengan wilayah negara lain, seperti di India, Timur Tengah yang tandus atau Eropa yang bergantung pada musim. Hutan itu berfungsi untuk keseimbangan, kita butuh air, dan akar menyimpan air untuk dialirkan ke bagian lain. Kita masih beruntung, karena masih ada sisa kehijauan. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, ya Climate Change.

Keikutsertaan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bali  dalam pelaksanaan Pameran Lingkungan Indonesia yang ke 19 tahun 2015, dengan melibatkan beberapa Lembaga konservasi, Indonesia Power, BPHM Wilayah I  dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.