MENGENAL LIMBAH B3

Selasa, 08 Maret 2016



Defenisi B3

Adalah bahan yang karena sifat, konsentrasinya dan jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mencemarkan atau merusak lingkungan hidup, dapat membahayakan manusia serta lingkungan hidup lainnya

Defenisi Limbah B3
Adalah sisa pembuangan dari suatu usaha atau kegiatan yang mengandung bahan berbahaya dan beracun, yang karena sifat, konsentrasi maupun jumlahnya, dapat membahayakan, mencemarkan, merusak lingkungan hidup, atau kelangsungan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya.

Karakteristik Limbah B3
Mudah meledak (explosive), pengoksidasian (oxidizing), sangat mudah sekali menyala (extremely flammable), sangat mudah menyala (highly flammable), mudah menyala (flammable), sangat mudah sekali beracun (extremely toxic), sangat beracun (highly toxic), berbahaya (harmfull), korosif (corrosive), berfifat iritasi (irritant), berbahaya bagi lingkungan (dangerous toenvironment), karsinogenik (carcinogenic), teratogenik (teratogenic), mutagenik (mutagenic)

Sumber Limbah B3
  • Kegiatan Industri. Hampir semua industri menghasilkan limbah B3.
  • Kegiatan Pertanian. Penggunaan pestisida khususnya dalam budidaya pertanian disatu pihak telah terbukti dapat menyelamatkan produksi dari gangguan OPT tetapi dipihak lain dapat menimbulkan dampak negatif terhadap mutu hasil, lingkungan dan kesehatan.
  • Limbah Rumah Tangga.Sumber-sumber limbah rumah tangga mencakup antara lain racun cat rumah pembersih mengandung kosmetik, racun batere pestisida, obat-obatan.
  • Limbah Rumah Sakit.Umumnya berbagai rumah sakit melakukan penanganan khusus dalam pembuangan limbah yang terkontaminasi darah maupun jaringan sel (tissue), dengan memisahkan limbah semacam ini dengan limbah biasa.
  • Energi dan Migas.Pembakaran batu bara yang digunakan untuk pembangkit listrik menghasilkan limbah B3 yang dihasilkan terdiri dari fly ash, bottom ash limbah PCB.